Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Berita: Bandingkan Assad dengan Hitler, Juru Bicara Trump Dikecam

Bandingkan Assad dengan Hitler, Juru Bicara Trump Dikecam Bandingkan Assad dengan Hitler, Juru Bicara Trump Dikecam Sean Spicer, juru bic...

Bandingkan Assad dengan Hitler, Juru Bicara Trump Dikecam

Bandingkan Assad dengan Hitler, Juru Bicara Trump Dikecam

Sean Spicer, juru bicara Presiden AS Donald Trump dalam sebuah konferensi pers melakukan kesalahan besar, dengan membuat perbandingan antara Hitler dengan Assad. Kasus ini menyulut badai kecaman dari berbagai pihak.

Sean Spicer Pressesprecher des Weißen Hauses (picture-alliance/dpa/A. Harnik)

Dalam konferensi pers harian membahas serangan gas di Suriah, Sean Spicer melakukan kesalahan besar. Spicer mengatakan: "Bahkan Hitler yang begitu menjijikkan tidak jatuh ke taraf serendah itu dengan menggunakan senjata kimia."

Padahal faktanya pada masa Perang Dunia II NAZI di bawah Hitler membunuh sekitar enam juta orang dengan menggunakan gas. Di sejumlah kamp konsentrasi, misalnya yang paling terkenal Auschwitz, NAZI menggunakan gas Zyklon B untuk membunuh jutaan manusia secara sistematis. Mayoritas korban kamar gas NAZI adalah kaum Yahudi.

Sebelumnya AS, Inggris dan Jerman membicarakan upaya untuk menggerakkan Rusia agar menghentikan dukungan bagi Presiden Suriah, Bashar al Assad. Tiga negara barat itu menilai ini saat yang tepat untuk berbicara dengan Rusia, setelah sejumlah indikasi merujuk kepada Bashar al Assad sebagai dalang serangan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri.

Terkait konflik di Suriah itu menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson pekan ini dijadwalkan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

  • Europa im Jahr 1939

    Hitler dan Perang Dunia II

    1939 Serangan ke Polandia

    Tanggal 1 September 1939, Hitler memerintahkan serangan ke Polandia, dengan alasan membalas serangan Polandia ke wilay ah Jerman. Tapi itu hanya alasan yang dibuat-buat. Inggris dan Perancis, yang menjadi sekutu Polandia, tanggal 3 September menyatakan perang terhadap Jerman.

  • Deutsche Soldaten reißen einen Schlagbaum an der deutsch-polnischen Grenze nieder.

    Hitler dan Perang Dunia II

    1939 Soviet masuk Polandia timur

    Polandia tidak mampu menghadapi militer Jerman yang punya persenjataan modern. Hanya dalam waktu lima minggu, pasukan Polandia dikalahkan. Tanggal 17 September, pasukan Soviet menduduki Polandia timur, sesuai kesepakatan yang dibuat dengan Jerman.

  • Bildergalerie Zweiter Weltkrieg Karte Europa 1940

    Hitler dan Perang Dunia II

    1940 Duduki Denmark dan N orwegia

    Pasukan Jerman Wehrmacht menduduki Denmark April 1940, selanjutnya bergerak menuju Norwegia. Negara ini penting sebagai pemasok bahan mentah untuk industri senjata Jerman. Inggris bermaksud menghentikan serangan itu dan mengirim pasukan ke Norwegia. Tapi Norwegia akhirnya menyerah.

  • Deutsche Wehrmachtsoldaten in den Niederlanden

    Hitler dan Perang Dunia II

    1940 Menyerang Belanda

    Di front barat, pasukan Jerman dan Perancis terlibat pertempuran sengit selama delapan bulan. Bulan Mei 1940, Jerman menyerang negara-negara tetangga yang selama itu netral, Belanda, Luksemburg dan Belgia, untuk menghindari pasukan Perancis.

  • Deutsche Truppen bei der Siegesparade in Paris.

    Hitler dan Pe rang Dunia II

    1940 Menuju Paris

    Jerman berhasil menggempur pertahanan Perancis dari belakang dan bergerak cepat menuju Paris. 22 Juni 1940, Perancis menyatakan kapitulasi dan terpecah dua. Satu bagian diduduki pasukan Hitler, bagian lain dideklarasikan sebagai Republik Vichy yang dipimpin Jendral Petain.

  • Großbritannien Deutschland Zweiter Weltkrieg Coventry Blitz Zerstörung

    Hitler dan Perang Dunia II

    1940 Serangan udara ke Inggris

    Setelah menang atas Perancis, Hitler memutuskan untuk menyerang Inggris. Pesawat-pesawat Jerman membom kota-kota Inggris, seperti Coventry. Angkatan udara Inggris terlibat pertempuran sengit dengan angkatan udara Jerman di selat Inggris. Jerman kalah dan menarik angkatan udaranya.

  • Karte Europa 1941

    Hitler dan Perang Dunia II

    1941 Afrika, Balkan dan Soviet

    Setelah kalah dalam perang udara dengan Inggris, Hitler mulai berpaling ke selatan dan timur. Ia mengirim pasukan ke Afrika utara, ke wilayah Balkan dan ke Uni Soviet. Jerman lalu membentuk poros militer dengan Italia dan Jepang.

  • Deutsche Soldaten 1941 in Griechenland

    Hitler dan Perang Dunia II

    1941 Ke Yugoslavia dan Yunani

    Awal 1941, Hitler menyerang Yugoslavia dan Yunani, yang menjadi pangkalan pasukan Inggris. Jerman melakukan salah satu operasi pendaratan terbesar di pulau Kreta, Mei 1941.

  • Überfall der Wehrmacht auf die UdSSR.

    Hitler dan Perang Dunia II

    1941 Operasi Bar barossa

    Juni 1941, Jerman membuka serangan ke Uni Soviet, yang dikenal sejarah dengan "Operasi Barbarossa". Operasi militer ini dicatat sebagai salah satu yang paling brutal. Tentara Jerman melakukan berbagai kejahatan perang. Jerman juga menyatakan perang terhadap Amerika Serikat.

  • Auschwitz-Birkenau 1944 Ankunft Juden

    Hitler dan Perang Dunia II

    1942 Pembasmian etnis

    Di Eropa timur, rejim Nazi Hitler mendirikan kamp-kamp penampungan seperti di Auschwitz-Birkenau. Lebih dari enam juta orang tewas dalam aksi pembasmian etnis yang dilakukan Nazi. Mereka ditembak, dibunuh dengan gas, atau mati karena kelaparan dan sakit.

  • Saint-Aubin-sur-mer Juno Beach Normandie 1944

    Hitler dan Perang Dun ia II

    1944 Pendaratan sekutu di Normandy

    Pagi hari 6 Juni 1944, pasukan sekutu dari Amerika Serikat, Inggris dan Kanada melakukan pendaratan di pantai Normandy (Normandia) di Perancis utara. Inilah awal dari kekalahan Jerman terhadap pasukan sekutu di sektor barat.

  • Flash-Galerie Keitel unterschreibt Kapitulationsurkunde

    Hitler dan Perang Dunia II

    1945 Kapitulasi Jerman

    8 Mei 1945, Nazi Jerman menyatakan kapitulasi tanpa syarat. Panglima perang Jerman, Jendral Wilhelm Keitel, menandatangani kapitulasi di Berlin. Sebelumnya, Hitler melakukan bunuh diri pada 30 April. Setelah enam tahun dilanda perang, sebagian besar Eropa tinggal reruntuhan.

    Penulis: Alexander Drechsel


Spicer dihujani kecaman

Spicer melakukan kesalahan itu saat menjawab pertanyaan s eorang wartawan, yang meminta penegasan mengapa baru sekarang pemerintah AS memperkirakan Rusia akan menghentikan kerjasama dengan Suriah. "Bukankah mereka sudah bersekutu sejak bertahun-tahun", tanya awartawan bersangkutan.

Sejumlah politisi dan berbagai institusi langsung melontarkan kecaman terhadap politisi dari Partai Republik tersebut, serta menuntut permintaan maaf. Steve Goldstein, Wakil Direktur Anne Frank Center for Mutual Respect di New York mengeluarkan pernyataan tajam. Spicer yang "menyangkal Holocaust (pembantaian warga Yahudi di jaman PD II), menciptakan 'fake news' yang paling menghina yang bisa dibayangkan, dengan menyangkal bahwa Hitler membunuh jutaan orang Yahudi dengan gas beracun. Pernyataan Spicer adalah penghinaan paling keji terhadap kelompok tertentu masyarakat, yang pernah dikatakan juru bicara Gedung Putih."

  • default

    Auschwitz - Menengo k Kekejaman Sebuah Kamp

    Pembebasan

    70 tahun lalu, Tentara Merah berhasil membebaskan kamp konsentrasi dan kamp pemusnahan Auschwitz-Birkenau. Antara tahun 1940-1945, lebih dari satu juta orang, kebanyakan warga Yahudi, tewas dibunuh di kamp ini. Ketika tentara Soviet membebaskan kamp, mereka hanya menemukan sekitar 7000 orang yang selamat. Tampak dalam foto yang diambil Januari 1945, tiga orang penghuni kamp yang berhasil selamat.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Hampir Mati Kelaparan

    10 hari sebelum Tentara Merah membebaskan kamp ini, Nazi menggiring sekitar 60 ribu tawanan, dengan apa yang disebut Todesmarsch atau Mars Kematian, ke kamp lain. Mereka yang tinggal di kamp adalah para tahanan yang kondisinya telah lemah akibat kelaparan.

  • default

    Auschwitz - Menengok K ekejaman Sebuah Kamp

    Tahanan Anak

    Nazi menahan sekitar 232 ribu anak-anak di Auschwitz-Birkenau. Kebanyak dari mereka adalah anak-anak keturunan Yahudi. Selain itu terdapat juga anak-anak Roma, anak-anak yang dikirim dari Polandia, Rusia dan Ukraina. Saat ini, masih hidup sekitar 300 anak dari 2000 anak yang berhasil diselamatkan 70 tahun lalu.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Sinisme Nazi

    "Arbeit macht frei“ atau terjemahan harfiahnya "Kerja Dapat Membebaskan“, semboyan yang terpampang di depan gerbang utama kamp konsentrasi Auschwitz I. Tahun 2009, plang tulisan asli di gerbang ini telah dicuri, dan diganti dengan satu replika. Plang asli yang berhasil ditemukan kembali kini disimpan di museum.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    < h2>Holocaust

    Auschwitz-Birkenau merupakan kamp konsentrasi dan kamp pemusnahan terbesar yang dibangun Nazi. Dan kamp ini merupakan satu-satunya yang berhasil dipertahankan kondisinya sesuai dengan kondisi ketika kamp ini dibebaskan tahun 1945 â€" atau seperti tampak dalam foto yang dibuat tahun 1946.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Tugu Peringatan Asli

    Untuk mempertahankan kamp ini sebagai tugu peringatan, Polandia telah membentuk satu yayasan. Jerman telah menjanjikan 120 juta Euro dana yang dibutuhkan, sehingga pekerjaan pemeliharaan dapat terus dilaksanakan dalam tahun-tahun mendatang. Foto yang diambil tahun 1958 memperlihatkan gudang penyimpanan di balik pagar listrik tegangan tinggi

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Pembunuh

    Salah satu dari 116 foto langka para petinggi Nazi di Auschwitz ini diambil pada tahun 1944. Richard Bär, yang sejak Mei 1944 memegang komando tertinggi di Auschwitz, di sebelahnya, Dr. Josef Mengele, komandan di Birkenau, Josef Kramer (tertutup wajahnya), serta mantan komandan Auschwitz Rudolf Höß. Pria paling kanan tidak diketahui identitasnya.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Fotografer

    Wilhelm Brasse berusia 25 tahun ketika tiba sebagai tahanan politik di Auschwitz. Atas perintah SS, ia membuat foto dari sekitar 40 ribu tahanan. Ia pun diharuskan mendokumentasikan eksperimen medis brutal yang dilakukan Dr. Mengele. Akibat trauma, setelah perang berakhir, tidak pernah sekalipun menyentuh kamera lagi. Kisah Brasse diabadikan dalam satu film Polandia berjudul "Potrecista“.

  • default

    A uschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Seleksi

    Foto dari tahun 1944 yang kini tersimpan di Museum Yad Varshem ini memperlihatkan para perempuan dan anak-anak, yang dipisahkan dari kelompok laki-laki. Mereka sedang menjalani psores ‚penyeleksian, ketika tiba di Auschwitz-Birkenau.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Kerja Rodi

    Mereka yang lolos dari 'seleksi’ diharuskan melakukan kerja yang berat. Tampak dalam foto, para perempuan yang lolos seleksi berdiri dalam antrian untuk menerima perintah kerja.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Barak Perempuan

    Kelaparan dan kedinginan merupakan keseharian yang harus dijalani para perempuan penghuni kamp di Birkenau. Mereka ditempatkan dalam barak terpisah di lokasi kamp.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Warisan Holocaust

    Di area kamp Auschwitz seluas hampir 200 hektar terdapat 300 barak tahanan. Banyak bagian dari kamp konsentrasi Auschwitz yang sampai sekarang tetap terpelihara keasliannya dan dijadikan sebagai tugu peringatan serta museum kekejaman Holocaust. Museum ini juga dijadikan pusat penelitian Holocaust.

  • default

    Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Krematorium

    Auschwitz-Birkenau memiliki enam kamar gas serta empat krematorium. Rasa kengerian masih dapat dirasakan para pengunjung ketika melihat bekas oven pembakaran jenazah ini. Banyak tahanan dari seluruh Eropa dibunuh pada hari kedatangan mereka dan jenazah mereka dibakar di tempat ini.

  • default

    Aus chwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

    Rencana Pemusnahan

    Salinan asli dari rencana pembangunan kamp konsetrasi dan kamp pemusnahan Auschwitz tahun 1941 dan 1942. Salinan asli ini kini disimpan di Museum Holocaust Yad Vaschem di Yerusalem. Dalam salinan ini digambarkan berapa besar dan di mana saja akan dibangun kamar gas dan oven pembakaran korban. Salinan ini ditemukan pada tahun 2008 di sebuah apartemen di Berlin.


Permintaan maaf yang sia-sia?

Setelah konferensi pers, Spicer dan Gedung Putih berkali-kali menyatakan permintaan maaf resmi. Spicer menulis, ia sama sekali tidak berusaha "menyangkal sifat menjijikkan peristiwa Holocaust." Setiap serangan atas orang-orang tak bersalah "menjijikkan dan tidak bisa dimaafkan." Ia mengatakan dalam wawancara dengan CNN, telah membuat perbandingan yang salah dan tidak patut dilakukan dengan Holocaust. Ia mengakui telah melakukan kesalahan.

Sepanjang petang dan malam hari, sejumlah besar pengguna jejaring sosial Twitter memberikan komentar terhadap Spicer lewat tagar #icantbelievehereallysaidthat. Walaupun ada permintaan maaf resmi, sebagian orang menuntut Spicer mengundurkan diri.

ml/as (dpa, ap, afp)

  • Buchcover Hitler, Mein Kampf. Eine kritische Edition

    Edisi Baru "Mein Kampf": Koreksi Kesalahan di Masa Lalu

    Edisi Baru, Makna Baru

    Pada dasarnya isi edisi baru tetap tulisan Adolf Hitler, diktatur Jerman di masa Perang Dunia II. Tetapi edisi ini tebalnya 2.000 halaman. Sedangkan edisi asli hanya 780 halaman. Bedanya, edisi baru dilengkapi sejumlah besar komentar. Sehingga pembaca jaman sekarang lebih bisa mengerti latar belakang tulisan, dan tidak memahaminya sebagai seruan mengagungkan Hitler.

  • Andreas Wirsching Institut für Zeitgeschichte

    Edisi Baru "Mein Kampf": Koreksi Kesalahan di Masa Lalu

    Terutama untuk Ilmu Pengetahuan

    Edisi baru ini terutama ditujukan bagi ilmu pengetahuan. "Buku itu jelas sumber sejarah penting tentang Hitler sendiri. Itu tidak bisa disangkal. Untuk biografi, pemikirannya, juga tentang sejarah Nationalsozialismus (NAZI) secara umum." Demikian Profesor Andreas Wirsching, direktur Institut für Zeitgeschichte (Institut Sejarah Jaman). Edisi baru ini juga dilengkapi teks tambahan yang terkait.

  • Zweiter Weltkrieg, Befreiung des KZ Dachau

    Edisi Baru "Mein Kampf": Koreksi Kesalahan di Masa Lalu

    Edisi Baru Ungkap Kebohongan Hitler

    Fungsi utama komentar dalam teks adalah menyela celotehan Hitler, yang dalam buku jadi narator utama. Tepatnya: ungkap kebohongannya. Juga menghentikan upaya Hitler memanas-manasi pembaca, dan meluruskan fakta yang diselewengkan. Fungsi lain edisi baru: menunjukkan bahwa kekejaman yang sudah disinggung Hitler di bukunya, diwujudkan jadi realita mengerikan setelah 1933. Foto: korban NAZI di Dachau.

  • Flash-Galerie 65 Jahre Befreiung Auschwitz

    Edisi Baru "Mein Kampf": Koreksi Kesalahan di Masa Lalu

    Mitos Salah tentang Buku Hitler

    Walaupun di Jerman orang banyak bicara tentang "Mein Kampf", tidak banyak yang mengenal isinya. Tulisan Hitler yang dipenuhi otobiografi sejauh ini tidak dilengkapi analisa proses awal juga strukturnya. Orang kerap berpikir bukunya adalah "bestseller" yang tak dikenal. Mitos ini berusaha dihilangkan dengan penerbitan edisi baru yang lebih informatif. Foto: korban NAZI dan Hitler di Auschwitz.

  • Lutz Bachmann als Hitler

    Edisi Baru "Mein Kampf": Koreksi Kesalahan di Masa Lalu

    Tidak Akan Disalahgunakan Pegida?

    Kami juga pikirkan hal itu, kata Wirsching. Tapi edisi ini tidak bisa digunakan kaum ekstrem kanan atau Neonazi. Karena dilengkapi komentar. Kalau orang membacanya, secara visualpun orang terpaksa melihat komentar. Jika kaum ekstrem kanan membaca teks Hitler, mereka tidak akan memperoleh keuntungan dari edisi ini, tandasnya. Foto: Pentolan Pegida, Lutz Bachmann berpose sebagai Hitler.

    Penulis: ml/as (dari berbagai sumber)


Laporan Pilihan

Hitler dan Perang Dunia II

1 September 1939 Hitler memerintahkan pasukan Jerman menyerang Polandia. Itulah awal Perang Dunia II yang berakhir dengan kapi tulasi Jerman, 8 Mei 1945. (01.09.2014)

Edisi Baru "Mein Kampf": Koreksi Kesalahan di Masa Lalu

70 tahun setelah kematian Hitler "Mein Kampf" bisa dibeli lagi di Jerman. Siapa akan baca? Berbahayakah di masa penerimaan pengungsi dan Pegida? Ini jawaban direktur Institut für Zeitgeschichte, badan yang menerbitkan. (04.01.2016)

Auschwitz - Menengok Kekejaman Sebuah Kamp

Kamp konsentrasi Auschwitz berhasil dibebaskan pasukan Soviet, 27 Januari 1945. Sejak tahun 1996, tanggal ini dijadikan sebagai hari peringatan bagi para korban kekejaman Nationalsozialismus (Nazi). (27.01.2015)

  • Tanggal 12.04.2017
  • Kata Kunci AS, Sean Spicer, Donald Trump, Gedung Putih, Holocaust, Yahudi, NAZI, Hitler
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2b60m
Sumber: DW

Reponsive Ads