Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Berita: Jerman, AS, Inggris Sepakat Tekan Rusia Agar "Cerai" dengan Suriah

Jerman, AS, Inggris Sepakat Tekan Rusia Agar "Cerai" dengan Suriah Jerman, AS, Inggris Sepakat Tekan Rusia Agar "Cerai" ...

Jerman, AS, Inggris Sepakat Tekan Rusia Agar "Cerai" dengan Suriah

Jerman, AS, Inggris Sepakat Tekan Rusia Agar "Cerai" dengan Suriah

Presiden AS bersama Kanselir Jerman dan PM Inggris, lewat percapapan telefon sepakati diskusikan tekanan lebih kuat terhadap Rusia untuk putuskan hubungan dengan rejim Assad di Suriah.

New York Proteste gegen US-Syrien Angriff (Getty Images/AFP/J. Samad)

Pembicaraan telefon dilaklkan setelah Presiden AS, Donald Trump memerintahkan serangan peluru kendali Tomahawk ke pangkalan Angkatan Udara Suriah Jumat lalu. Aksi offensif AS tersebut dilancarkan berdasarkan asumsi bahwa militer Suriah melancarkan serangan dengan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri.

Kanselir Jerman Angela Merkel serta PM Inggris Theresa May setuju bahwa Presiden Suriah Bas har al Assad harus mempertanggungjawabkan serangan brutal yang menewsakan 100 orang termasuk anak-anak. Sejauh ini pemerintah Suriah menampik tuduhan jadi dalang di balik serangan.

Tonton video 01:42

Bagi artikel

US, UK step up war of words with Russia

Kirim Facebook Twitter google+ Whatsapp Tumblr linkedin stumble Digg reddit Newsvine

Permalink http://p.dw.com/p/2b14m

Berusaha "membujuk" Moskow

Ketiga kepala pemerintahan "barat" itu sepakat, kini ada peluang untuk menggerakkan Rusia, yang jadi sekutu erat Assad, untuk memutuskan hubungan dengan rejim Suriah. Juru bicara Theresa May mengatakan, ketiganya setuju, bahwa kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson ke Moskow pekan ini bisa jadi awal proses tersebut.

Apakah langkah tersebut akan menggerakkan Moskow untuk "bercerai" dengan Suriah, belum bisa diperkirakan s ekarang. Namun pemerintah Rusia sudah menyatakan, serangan AS melanggar hukum internasional.

  • Syrien Soldat der Regierung mit syrischer Flagge (picture alliance/dpa/V. Sharifulin)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Kelompok Loyalis Assad

    Militer Suriah yang resminya bernama Syrian Arab Army (SAA) alami kekalahan besar pada 2011 terhadap kelompok anti-Assad yang tergabung dalam Free Syrian Army. SAA adalah gabungan pasukan pertahanan nasional Suriah dengan dukungan milisi bersenjata pro-Assad.

  • Syrien Free Syrian Army Rebellen Jubel 22.11.2012 (Reuters)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Pemberontak Free Syrian Army

    Kelompok Free Syrian Army mengklaim diri sebagai sayap moderat, yang muncul dari aksi protes menentang rezim Assad 2011. Bersama milisi non-jihadis, kelompok pemberontak ini terus berusaha menumbangkan Presiden Assad dan meminta pemilu demokratis. Kelompok ini didukung Amerika dan Turki. Tapi kekuatan FSA melemah, akibat sejumlah milisi pendukungnya memilih bergabung dengan grup teroris.

  • Symbolbild Rakka Kämpfer der IS (picture-alliance/dpa)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Islamic State ISIS

    Kelompok teroris Islamic State (ISIS) yang memanfaatkan kekacauan di Suriah dan vakum kekuasaan di Irak, pada tahun 2014 berhasil merebut wilayah luas di Suriah dan Irak. Wajah baru teror ini berusaha mendirikan kekalifahan, dan namanya tercoreng akibat genosida, pembunuhan sandera serta penyiksaan brutal.

  • Syrien Al-Nusra-Front Twitter-Bild Kämpfer in Idlib (picture-alliance/AP Photo/Nusra Front on Twitter)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Afiliasi Al Qaeda

    Milisi teroris Front al-Nusra yang berafiliasi ke Al Qaeda merupakan kelompok jihadis kawakan di Suriah. Kelompok ini tidak hanya memerangi rezim Assad tapi juga terlibat perang dengan pemberontak yang disebut moderat. Setelah merger dengan sejumlah grup milisi lainnya, Januari 2017 namanya diubah jadi Tahrir al-Sham.

  • Syrien Aleppo Russische Soldaten (picture-alliance/AP/Russian Defense Ministry)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Tentara Rusia

    Pasukan dari Moskow terbukti jadi aliansi kuat Presiden Assad. Pasukan darat Rusia resminya terlibat perang 2015, setelah bertahun-tahun menyuplai senjata ke militer Suriah. Komunitas internasional mengritik Moskow akibat banyaknya korban sipil dalam serangan udara yang didukung jet tempur Rusia.

  • Patriot Raketen der Bundeswehr in der Türkei 25.03.2014 (AFP/Getty Images/John Macdougall)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Pasukan NATO

    NATO terlibat dari awal konflik di Suriah dengan menentang Assad dan mendukung secara taktis pemberontak "moderat". AS dan negara NATO lainnya mula-mula menolak mengirim pasukan darat. tapi sejak 2014 koalisi yang dipimpin AS mulai melancarkan serangan udara ke target yang disebut kubu teroris termasuk ISIS.

  • Bildergalerie Irak Regionalkonflikt iranische Streitkräfte Parade 18.04.2014 (Atta Kenare/AFP/Getty Images)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Pasukan Iran

    Iran terlibat pusaran konflik dengan mendukung rezim Assad. Konflik ini juga jadi perang proxy antara Iran dan Rusia di satu sisi, melawan Turki dan AS di sisi lainnya. Teheran berusaha menjaga perimbangan kekuatan di kawasan, dan mendukung Damaskus dengan asistensi startegis, pelatihan militer dan bahkan mengirim pasukan darat.

  • Guided-missile destroyer USS Porter launches a tomahawk land attack missile in the Mediterranean Sea (pic   ture-alliance/AP Images/US Navy/F. Williams)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Militer Amerika Serikat

    Amerika Serikat kini juga terlibat langsung dalam gejolak di Suriah. April 2017 untuk pertama kalinya militer AS menembakkan puluhan rudal Tomahawk ke pangkalan militer Suriah, sebagai reaksi atas serangan kimis ke kubu pemberontak yang tewaskan warga sipil. Presiden Donald Trump kini berbalik arah, setelah cukup lam menolak keterlibatan langsung Washington di ajang perang Suriah.

  • Türkische Armee an der syrischen Grenze (picture alliance/dpa/S. Suna)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Militer Turki

    Hampir semua negara tetangga Suriah ikut terseret ke pusaran konflik. Turki yang berbatasan langsung juga terimbas amat kuat. Berlatar belakang permusuhan politik antara rezim d i Ankara dan rezim di Damaskus, Turki mendukung berbagai faksi militan anti Assad.

  • Kampf um Kobane 08.11.2014 (picture-alliance/AA/A. Deeb)

    Para Pihak Yang Berperang di Suriah

    Pemberontak Kurdi

    Perang Suriah sejatinya konflik yang amat rumit. Dalam perang besar ada perang kecil. Misalnya antara pemberontak Kurdi Suriah melawan ISIS di utara dan barat Suriah. Atau juga antara etnis Kurdi di Turki melawan pemerintah di Ankara. Etnis Kurdi di Turki, Suriah dan Irak sejak lama menghendaki berdirinya negara berdaulat Kurdi. Penulis:Elizabeth Schumacher (as/ap)


Ancam dengan sanksi lebih berat atau serangan kedua

Sementara itu Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson mengatakan Senin, sanksi lebih berat bisa dijatuhkan terhadap Moskow dan Damaskus. Namun Trump sebelumnya menya takan, pemerintahannya akan menghapus sejumlah sanksi terhadap musuh-musuh Washington.

Dalam pembicaraan di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri G7 di Italia, menlu Inggris itu juga memperingatkan Rusia dan Suriah, bahwa Washington bisa kembali mengintervensi di Suriah.

Sebelum serangan senjata kimia di Suriah, Presiden AS Donald Trump tampaknya tidak berminat untuk melancarkan intervensi militer terhadap Bashar al Assad. Kini, setelah melakukan serangan sekali, muncul spekulasi, Trump juga akan memutuskan tindakan lebih keras lagi terhadap Suriah, bahkan juga terhadap Rusia. sebelumnya Moskow sudah memperingatkan, bisa pecahnya perang terbuka jika kelompok G7 melanjutkan ultimatumnya.

ml/as (afp, rtr, dpa)

  • Chemiewaffen Vernichtung (AP)

    Inilah Senjata Kimia Paling Mengerikan

    VX

    VX merupakan senyawa golongan organo fosfat sangat beracun. Cairannya yang tak berwarna dan tak berbau mampu mengganggu sistem syarah dalam tubuh . VX kerap digunakan sebagai racun syaraf dalam perang senjata kimia. Efek racun VX amat cepat. Gejalanya muncul hanya dalam beberapa detik setelah terpapar. Sejumlah kecil racun ini pun mematikan. Kematian disebabkan sesak napas atau gagal jantung.

  • Chemiewaffen (picture alliance/ZUMAPRESS.com)

    Inilah Senjata Kimia Paling Mengerikan

    Sarin

    Sarin adalah racun syaraf yang mudah menguap tapi amat beracun. Setetes ravcun ini sudah cukup untuk membunuh seorang manusia dewasa dengan cepat. Mirip dengan VX, “gejala korban yang terpapar racun ini adalah : termasuk sakit kepala, keluar air liur dan air mata, diikuti oleh kelumpuhan otot secara bertahap otot dan kematian.

  • Symbolbild Chemische Waffen BESCHREIBUNG BEACHTEN (AP)

    Inilah Senjata Kimia Paling Mengerikan

    Gas Mustard

    Racun ini bekerja lambat namun mengerikan. Sasaran racun ini adalah mata, saluran pernapasan, dan kulit, lalu menyebar ke sel-sel tubuh. Ketika kulit terkena racun, maka akan tampak seperti luka bakar selama beberapa jam sebelum lepuhan besar muncul dan menyebabkan jaringan parut yang parah dan rasa sakit. Mata bisa buta beberapa jam setelah terpapar.

  • Chemieanlage in Irak (AP)

    Inilah Senjata Kimia Paling Mengerikan

    Fosgen

    Fosgen dianggap salah satu senjata kimia yang paling berbahaya yang pernah ada. Fosgen merupakan bahan kimia industri yang digunakan dalam pembuatan plastik dan pestisida. Gejala korban yang tersedak paparan fosgen adala h: batuk, sesak nafas, mual, dan kadang-kadang muntah. Dalam konsentrasi rendah, gasnya tidak berwarna, aromanya seperti bau jerami yang baru dipotong.

  • Chemiewaffen Chlorine Gas Bombe IS (picture alliance/ZUMAPRESS.com)

    Inilah Senjata Kimia Paling Mengerikan

    Klorin

    Klorin biasanya dipakai sebagai bahan pemutih kertas dan kain, membuat pestisida, karet, membunuh bakteri dalam air minum dan kolam renang. Klorin sangat berbahaya jika digunakan berlebihan, karena bisa akibatkan luka permanen, Ketika berbentuk gas dan menyebar, korban yang menghirupnya lemas dan merasa tercekik karena klorin meracuni paru-paru.berisiko mengakibatkan kematian. Ed: ap/rzn


Laporan Pilihan

Para Pihak Yang Berperang di Suriah

Konflik di Suriah yang kembali memuncak, adalah dampak Arab Spring 2011 yang melanda seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara. Inilah faksi-faksi yang berperang di Suriah. (07.04.2017)

Inilah Senjata Kimia Paling Mengerikan

Meskipun secara tegas dilarang karena dampaknya sangat mengerikan, penggunaan senjata kimia kerap dipakai dalam peperangan. Berikut zat-zat kimia paling berbahaya yang dengan barbar digunakan dalam peperangan. (07.04.2017)

  • Tanggal 11.04.2017
  • Kata Kunci Jerman, AS, Inggris, Suriah, Rusia, Donald Trump, Angela Merkel, Theresa May
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2b1tp
Sumber: DW

Reponsive Ads