Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Konsumsi Daging Anjing di Indonesia Makin Populer

Konsumsi Daging Anjing di Indonesia Makin Populer Konsumsi Daging Anjing di Indonesia Makin Populer Bisnis daging anjing dalam beberapa t...

Konsumsi Daging Anjing di Indonesia Makin Populer

Konsumsi Daging Anjing di Indonesia Makin Populer

Bisnis daging anjing dalam beberapa tahun terakhir meningkat, kata pengamat. Tidak ada statistik resmi tentang bisnis ini, tapi makin banyak restoran menawarkan menunya.

Indonesien Hundefleisch Restaurant (picture alliance/dpa/C. Sator)

Rumah makan Tinoor Permai di kawasan Senen, Jakarta Pusat, hari Minggu ramai dikunjungi orang. Menunya seperti rumah makan biasanya: Nasi campur, sate, sayur kangkung. Tapi ada menu istimewanya: daging anjing, atau lebih dikenal dengan sebutan RW. Bagi orang Manado, ini semacam "makanan kebangsaan".

"Bagi saya, ini selalu mengingatkan masa lalu", kata Morlando, tamu restoran yang sedang menikmati makanannya. "Dan daging ini menjaga d arah tetap hangat", tambahnya.

Makin banyak restoran di Jakarta yang sekarang menawarkan menu daging anjing. Tapi tidak di semua restoran, jenis makanan ini tertera dalam daftar menu. Bagi banyak warga muslim, anjing dianggap tidak bersih. Selain itu, penawaran daging anjing bisa mengundang protes kalangan pecinta binatang. Menu daging anjing biasanya disebut RW, dari kata bahasa manado Rintek Wuuk, yang artinya "bulu halus". Di kartu menu sering juga hanya tertera B1, kode untuk "biang", artinya anjing.

Indonesien Hundefleisch Restaurant (picture alliance/dpa/C. Sator)

Michael Kenzo pemasak RW, tapi tidak mengkonsumsi daging anjing

Menurut sebuah laporan di majalah Tempo, untuk menutupi permintaan menu RW di Jakarta, setiap harinya 400 anjing disembelih. Anjing-anjing itu katanya anjing tak bertuan. Anda boleh percaya, atau tidak.Pendiri kelompok pecinta binatang Animal Defenders Indonesia (ADI), Doni Herdaru Tona menerangkan:

"Banyak anjing yang dicuri saja di jalan, lalu dibunuh. Beberapa pedagang membius anjignnya lebih dulu, tapi agar bisa memanggang anjing itu hidup-hidup. Katanya rasa dagingnya jadi lebih enak."

Tidak ada statistik resmi tentang bisnis daging anjing. Tapi kalangan pengamat, termasuk pemilik restoran dan dokter hewan berpendapat, pasar daging anjing dalam beberapa tahun terakhir memang berkembang pesat.

Kelompok pelindung binatang BAWA memperkirakan, di pulai Bali saja setiap tahunnya ada 70.000 anjing yang dipotong dan dikonsumsi.

Indonesien Hundefleisch Restaurant (picture alliance/dpa/C. Sator)

Bisnis daging anjing dalam beberapa tahun terakhir meningkat pesat, kata pen gamat

Daging anjing dulunya dianggap sebagai makanan orang miskin, atau prang dari udik. Tapi citra itu sekarang sudah berubah. Juru masak Tioor Perman, Michael Kenzo mengatakan:"Sekarang makin banyak orang datang, yang berpikir bahwa daging anjing baik untuk kesehatan."

Konsumsi daging anjing konon bisa mencegah Asthma, berbagai bentuk alergi dan bisa meningkatkan gairah seksual. Yang secara medis bisa dibuktikan: daging anjing mengandung banyak protein.

Menu daging anjing tidak murah. Satu porsi sekitar Rp. 75.000. Tapi memang lebih murah dari daging sapi. Daging anjing harus direbus beberapa jam. Lalu dimasak dengan macam-macam bumbu, terutama dengan jahe dan cabe.

Michael Kenzo mengaku bukan pemakan daging anjing. "Saya harus memasaknya, karena itu pekerjaan saya. Tapi saya tidak bisa makan itu, Karena saya senang pada anjing", katanya. Jadi Kenzo hanya mencicipi sausnya saja, lalu mengecek apakah daging sudah cukup lunak. Santapa n RW pun siap disajikan.

  • Bildergalerie Fleischfressende Pflanzen (Getty Images)

    Tanaman-tanaman Pemangsa Daging

    Berbagai jenis jebakan maut

    Ada berbagai jenis perangkap yang dimiliki tanaman karnivora untuk menjebak mangsa: menggulung daun berisi enzim pencernaan atau bakteri, menggunakan flypaper atau lendir lengket, snap atau gerakan daun yang cepat menutup begitu mangsa datang, perangkap kandung kemih yang menyedot mangsa dan perangkap lobster-pot. Kita simak satu-persatu jenisnya....

  • Termiten in Borneo Nasutitermitinae (picture-alliance/dpa/M. Merbach)

    Tanaman-tanaman Pemangsa Daging

    Pitfall traps atau daun menggulung

    Tanaman yang termasuk dalam jenis ini memangsa serangga dengan cara menggulung daunnya ketika mangsa hinggap. Perangkap di daun tersebut mengandung enzim pencernaan atau bakteri. Termasuk dalam jenis ini adalah Nepenthes atau yang dikenal dengan nama Kantung Semar. Di ujung daun, terdapat sulur yang bisa memerangkap serangga. Tampak pada foto: Nepenthes albomarginata di Borneo.

  • Bildergalerie Moore (picture-alliance/blickwinkel/R. Lammers)

    Tanaman-tanaman Pemangsa Daging

    Flypaper atau menggunakan lendir lengket

    Daun tanaman dengan perangkap flypaper ini bertatahkan kelenjar lendir. Flypapers telah melakukan evolusi setidaknya lima kali. Yang termasuk jenis ini, di antaranya Drosera atau tanaman Embun Pagi. Ketika serangga menempel di tentakel yang lengket, kelenjanya menyerap nutrisi dari mangsa tersebut.

  • Bildergalerie Fleischfressende Pflanzen (Guillermo Legaria/AFP/Getty Images)

    Tanaman-tanaman Pemangsa Daging

    Snap trap atau menutup cepat-cepat

    Salah satu contoh tanamannya adalah Dionaea Muscipula (tanaman penangkap lalat Venus). Helai daun terbagi 2: tangkai berbentuk hati pipih dan sepasang lobus terminal berengsel di pelepah, membentuk perangkap. Permukaan bagian dalam dari lobus tanaman ini mengandung pigmen merah dan ujung-ujungnya mengeluarkan lendir. Lobus tanaman bergerak cepat menutup ketika rambut sensorik dirangsang gerakan.

  • Utricularia vulgaris (cc-by Christian Fischer-SA 3.0)

    Tanaman-tanaman Pemangsa Daging

    Bladder trap atau perangkap kandung kemih

    U ricularia (bladderworts) adalah tanaman karnivora yang menggunakan perangkap kandung kemih. Perangkap yang sangat kecil bisa menangkap mangsa secepat kilat, seperti protozoa. Mangsa yang lebih besar: kutu air dan berudu. Prosesnya, perangkap memicu rambut kecil yang melekat pada pintu jebakan. Saat rambut pemicu jatuh, pintu perangkap terbuka, menghisap serangga dan menutup secepat kilat.

  • Genlisea-Subglabra-Blätter (cc-by RosÅ¥a Kracík 3.0 cz)

    Tanaman-tanaman Pemangsa Daging

    Lobster-pot traps

    Tanaman dengan perangkap lobster-pot punya ruang yang mudah dimasuki, tapi sulit keluar karena terhalang bulu tanaman. Contoh tanaman ini adalah Genlisea atau pembuka botol. Ada dua jenis daunnya: yang di atas tanah untuk fotosistesa, sementara yang di bawah berupa tabung seperti akar, yang menyerap air. Mikroba bisa masuk ke tabung ini tapi tak bsia keluar. Di tabung, mereka dicerna dan dimangsa


hp/ap (rtr)

Laporan Pilihan

Tanaman-tanaman Pemangsa Daging

Beberapa jenis tanaman ini menjadikan daging serangga sebagai sumber nutrisi. Caranya, dengan menjebak hewan-hewan kecil ini degan aroma yang disenangi mangsanya. Inilah berbagai jenis dan cara perangkap maut itu: (17.03.2017)

  • Tanggal 27.04.2017
  • Kata Kunci Indonesia, Manado, daging anjing, RW, Tinoor Permai, pecinta binatang, restoran
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2c026

Artikel lainnya

Haiti Ehemaliger Diktator Jean-Claude Duvalier gestorben (picture-alliance/AP/Dieu Nalio Chery)

Inilah Pemimpin Negara Termuda dalam Sejarah 27.04.2017

Jika terpilih, Emmanuel Macron akan menjadi presiden termuda Perancis. Tapi tahukah Anda ada banyak pemimpin negara lain yang jauh lebih muda saat memegang jabatan? Simak dalam galeri foto berikut.

Philippinen - Asean Foreign Ministers Retreat

Setelah AS Tinggalkan TPP, ASEAN Akan Fokus ke Asia 27.04.2017

Negara-negara ASEAN akan memprioritaskan pembentukan pakta perdagangan yang fokus pada Asia, terutama yan g mencakup Cina, India dan Jepang.

Südkorea Militärübungen bei Pocheon

AS-Korsel Peringatkan Keras Korea Utara 27.04.2017

Korea Selatan dan Amerika Serikat menyepakati untuk mengambil "tindakan penghukuman" terhadap Korea Utara jika lakukan provokasi lagi. Namun AS juga membuka diri untuk dialog.

Sumber: DW

Reponsive Ads