Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Berita: Pendidikan Karakter Harus Mulai Dari Akar Rumput

Pendidikan Karakter Harus Mulai Dari Akar Rumput jpnn.com, BOGOR - Pendidikan karakter bangsa harus dimulai dari akar rumput dan itu merupa...

Pendidikan Karakter Harus Mulai Dari Akar Rumput

Pendidikan Karakter Harus Mulai Dari Akar Rumput - JPNN.COM

jpnn.com, BOGOR - Pendidikan karakter bangsa harus dimulai dari akar rumput dan itu merupakan tanggung jawab kelompok pemuda. Akar rumput itu menuntut para tokoh pemuda dan terlibat di masyarakat tanpa diskriminasi serta menghormati perbedaan.

Dalam konteks ini, pendidikan karakter bangsa dimulai dengan menerima dan menghormati keberagaman sekaligus membangun dan menghormati lingkungan sekitar.

Penegasan ini disampaikan Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga/OKP Pengurus Pusat Pemuda Katolik Michelle Wondal saat sambutan pembukaan Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Bogor, Sabtu (2/9/2017).

Beberapa perwakilan Pengurus Pusat Pemuda Katolik hadir dalam acara ini, antara lain Ketua Bidang Organisasi dan Pembinaan Stefanus Gusma, Ketua Bidang Desa dan Daerah Tertinggal Yuristinus Oloan, Wakil Sekjen Bidang Luar Negeri Alfons B Say, dan Ketua Caretaker Pengurus Pemuda Katolik Komda Jawa Barat Frederikus Lusti Tulis.

Menurut Michelle, spirit dan mentalitas pemuda akan terasah apabila masuk ke dalam kehidupan akar rumput atau masyarakat. Pada hakikatnya, pemuda sebagai agen perubahan harus mampu menanamkan nilai-nilai luhur bangsa yang terwujud dalam Pancasila.

“Keberhasilan pemuda diukur dari kemampuannya membawa akar rumput ke cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia seperti tergambarkan dalam Pembukaan UUD NRI 1945,” tegas Michelle Wondal.

Terpisah, Pemuda Katolik Komda Kepulauan Riau (Kepri) juga menyerukan kepada generasi muda Indonesia khususnya Pemuda Katolik untuk terus memperkuat implementasi konsensus dasar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Pemuda Katolik Komda Kepri juga menekankan kepada generasi muda agar meningkatkan sumber daya manusia guna menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

“Kesiapan sumber daya manusia menjadi salah satu prasyarat untuk bersaing dan memenangkan persaingan global khususnya menghadapi MEA,” tegas Ketua Caretaker Pemuda Katolik Komda Kepri, Petrus Sitohang pada acara Pembukaan MAPENDA Komcab Kota Batam, Sabtu (2/9).

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN

Reponsive Ads