Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

PDIP akhirnya dukung petahana di Pilwali Kediri

PDIP akhirnya dukung petahana di Pilwali Kediri ...

PDIP akhirnya dukung petahana di Pilwali Kediri

Merdeka > Politik PDIP akhirnya dukung petahana di Pilwali Kediri Senin, 8 Januari 2018 13:40 Reporter : Imam Mubarok Abdullah Abu Bakar- Lilik Muhibbah. ©2018 Merdeka.com/Imam Mubarok

Merdeka.com - Ada yang menarik dalam pendaftaran bakal calon Walikota Kediri dari kubu petahana Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibbah. PDIP yang sebelumnya mengusung calonnya sendiri, tiba-tiba muncul saa t pasangan petahana mendaftar ke KPU, Senin (8/1).

Alasan hingga mendukung ke pasangan petahana menurut bakal calon wakil wali kota yang diusung PDIP, Adi Suwono karena gagalnya komunikasi dengan calon wali kota pasangannya yakni Samsul Azhar.

"Politik harus disikapi dengan fair, oleh karena itu dengan perkembangan di PDIP, kita tidak bisa mengusung sendiri. Kita harus menerima dan siapa yang harus kita dukung. Partai mendukung incumbent maka kita harus dukung incumbent. Kenapa bisa begini karena pasangan kita inkonsistensi," kata Adi Suwono yang juga pengusaha hotel ini .

Pasangan petahana Pilwali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibbah Senin (8/1) mendaftar ke KPU Kota Kediri untuk pelaksanaan pilwali 27 Juni 2018 mendatang.

Pasangan yang akhirnya didukung dua partai pengusung yakni PAN dan NasDem serta tiga partai pendukung PKS, Demokrat dan PDIP ini membawa masa kurang lebih 400 orang dengan berkendaraan roda dua keliling Kota Kediri. Selain itu, sebelum ke KPU juga sempat mampir ke Ponpes Al Islah dan didoakan oleh Gus Bad, salah satu pengasuh.

Pendaftaran pasangan petahana ini setelah KPU Kota Kediri yang disampaikan Ketuanya Agus Rofiq menyatakan membuka pendaftaran paslon Pilwali mulai tanggal 8-10 Januari 2018.

"Pendaftaran paslon bisa dilakukan mulai 8 hingga 10 Januari 2018," katanya pada merdeka.com, Senin (8/1).

Dikonfirmasi terpisah, pasangan petahana Abdullah Abu Bakarâ€"Lilik Muhibbah sengaja memanfaatkan kesempatan di hari pertama pendaftaran paslon Pilwali ke KPU.

"Alhamdulillah hari ini kita telah mendaftar ke KPU Kota Kediri pada Kita datang dengan simpatisan serta dua partai pengusung dan tiga partai pendukung termasuk PDIP," kata Abdullah Abu Bakar pada merdeka.com.

Seperti diketahui, Pilwali Kota Kediri akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 bersamaan dengan Pilgub Jatim. Untuk calon pemilih berdasarkan data DP4 KPU Kota Kota Kedi ri adalah 215.120.

DP4 tersebut berasal dari data kependudukan kabupaten/kota yang telah dikonsolidasikan, diverifikasi, dan divalidasi oleh Kemendagri dengan menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan, serta diintegrasikan dengan hasil perekaman sidik jari dan iris mata.

"Nanti masih akan ada pemutakhiran data pada 19 April 2018 dengan perkiraan awal sesuai DPT yakni 217 ribu pemilih," kata Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofiq.

Pelaksanaan Pilwali Kota Kediri sendiri diperkirakan akan meriah. Dua pasangan yang akan berebut pendukung di Kota yang hanya memiliki tiga kecamatan ini. Yakni pasangan petahana Abdullah Abu Bakarâ€"Lilik Muhibbah didukung dua partai pengusung yakni PAN dan Nasdem serta tiga partai pendukung PKS, Demokrat dan PDIP.

Kedua, pasangan Aizuddin Abdurahmanâ€"Sujono Teguh Widjaya didukung oleh PKB, Golkar dan PPP. Sementara itu, Ketua DPC PDIP Agus Sunoto hingga berita ini diturunkan belum memberikan pernyataan re smi terkait dukungannya kepada pasangan petahana. Sebab saat hendak diwawancarai usai pendaftaran di KPU yang bersangkutan langsung menghilang. [rzk]

Baca Juga:
Cegah kriminalisasi selama Pilkada, Polri ajak kejaksaan dan KPK buat MoUPemilih Jabar tradisional dan religius, siapa Cagub paling berpeluang?Jelang Pilkada, KPK ingatkan calon kepala daerah segera lapor LHKPNDidukung 4 partai, pasangan Nurdin-Andi Sudirman daftar Pilgub SulselMedia sosial dinilai peran terpenting dalam Pilkada Serentak
FOKUS
PILKADA SERENTAK 2017

Topik berita Terkait:
  1. PDIP
  2. Pemilu Serentak
  3. Pilkada Serentak
  4. Kediri
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News Petahana

Reponsive Ads