Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

SMRC: Elektabilitas Mayoritas Parpol Turun, Hanya PDIP Terus ...

SMRC: Elektabilitas Mayoritas Parpol Turun, Hanya PDIP Terus ... Home Berita Nasional Nasional SMRC: Elektabilita...

SMRC: Elektabilitas Mayoritas Parpol Turun, Hanya PDIP Terus ...

  • Home
  • Berita
  • Nasional

Nasional

SMRC: Elektabilitas Mayoritas Parpol Turun, Hanya PDIP Terus Menanjak Pemilih PDIP dan PKS adalah yang paling loyal dibandingkan partai politik lainnya. PDIP Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kiri) didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kanan) di Wisma Kinasih, Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/12). Selasa 2/1/2018, 20.35 WIB Dimas Jarot Bayu Calon Tunggal dalam Pilkada 2018 Diprediksi Meningkat Survei SMRC: Makin Banyak Responden Ingin Duet Jokowi-Prabowo Survei: Agen Keuangan Digital Kurang Aktif Tawarkan Buka Rekening Bank

Elektabilitas berbagai partai politik di Indonesia saat ini masih belum mampu mencapai posisi ketika bersaing dalam pemilihan legislatif (pileg) 2014. Mayoritas partai politik mengalami penurunan suara atau stagnan menjelang tahun politik 2018, kecuali PDI Perjuangan.

"Sejumlah partai yang sekarang sudah duduk di Senayan cenderung merosot perolehan suaranya, bahkan ada yang terlihat belum aman," kata Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Djayadi Hanan di kantornya, Jakarta, Selasa (2/1).

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email An da telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Djayadi mengatakan, dari berbagai partai politik, Hanya PDIP yang memiliki peningkatan elektabilitas sejak pileg 2014. PDIP mengalami peningkatan sebesar 8,7% dari 18,9% pada pileg 2014 menjadi 27,6%.

"PDIP satu-satunya yang cenderung semakin kuat secara sangat signifikan dalam 3,5 tahun terakhir," kata Djayadi. (Lihat: CSIS: PDI Perjuangan Memimpin Elektabilitas Partai Politik)

Berdasarkan hasil survei SMRC, elektabilitas Golkar menurun menjadi 12,1% dari 14,75% pada pemilihan legislatif 2014. Elektabilitas Gerindra menurun menjadi 8,9% dari sebelumnya 11,81% pada 2014. Elektabilitas Demokrat merosot dari 10,19% pada pileg 2014 menjadi 7,7%. PKB yang pada pileg 2014 memilik i 9,04% suara turun menjadi 6,3%.

Elektabilitas PPP turun dari 6,5% saat pileg 2014 menjadi 3,3%, Nasdem dari 6,7% menjadi 2,9%, Hanura dari 5,3% menjadi 1,1%, PKS dari 6,8% menjadi 3,8%, dan PAN dari 7,6% menjadi 2,0%.

Menurut Djayadi, ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan terhadap elektabilitas partai lain, namun tak berdampak ke PDIP. Salah satu faktor tersebut adalah fenomena beralihnya pemilih ke partai lain (swing voters) yang marak di Indonesia.

Djayadi mengatakan, berbagai partai politik di Indonesia kerap diikuti oleh swing voters sehingga elektabilitasnya saat ini menurun. Namun, PDIP hanya memiliki swing voter lebih sedikit dibandingkan partai lain.

Survei SMRC menunjukkan, swing voters banyak ditemukan di kalangan pemilih Demokrat sebesar 51%. Swing voters juga ditemukan di kalangan pemilih PAN sebesar 50%, PPP dan Hanura sebesar 47%, Gerindra 45%, dan Golkar 38%. Adapun, PDIP hanya memil iki swing voters sebesar 23% diikuti PKS sebesar 20%.

"Jadi ada partai yang swing voters-nya cukup banyak. Pemilih PDIP dan PKS adalah yang paling loyal dibandingkan partai lain dalam pileg 2014," kata Djayadi.

Menurut Djayadi, besarnya swing voters di Indonesia cukup besar karena minimnya kedekatan publik dengan partai politik. Berdasarkan survei SMRC, hanya 11,7% responden yang merasa memiliki kedekatan dengan partai.

"Jadi hanya sekitar 1 dari 10 pemilih Indonesia yang punya ikatan psikologis dengan partai," kata Djayadi.

Selain itu, PDIP juga dinilai mampu menarik pemilih dari partai lain dalam jumlah cukup besar. Bahkan, suara yang ditarik PDIP lebih besar dibandingkan yang meninggalkannya.

Djayadi menjelaskan, meningkatnya elektabilitas PDI karena adanya identifikasi PDIP dengan Presiden Joko Widodo. Berdasarkan survei yang dilakukan SMRC, 20% responden memilih PDIP karena menjadi partai utama pendukung Jokowi.

Sementara, 14,4% responden memilih PDIP karena dianggap sebagai pelanjut perjuangan mantan Presiden Soekarno, 13,9% merasa PDIP lebih memperjuangkan aspirasi rakyat. Kemudian, 11,7% responden menilai PDIP sebagai partai yang banyak bekerja membantu rakyat secara langsung dan 6,8% memilih karena kepemimpinan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

"Faktor utamanya penguatan itu karena identifikasi Presiden Jokowi dengan partai tersebut secara lebih kuat. Wajar karena Jokowi kader PDIP, dan PDIP adalah partai terbesar yang mencalonkan Jokowi 2014 yang lalu," kata Djayadi.

Survei diadakan SMRC pada 7-13 Desember 2017 yang melibatkan 1220 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan response rate sebesar 87%. Survei dilakukan melalui metode multistage random sampling dengan margin of error +/- 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel yang ada.

Artikel Terkait Calon Tun ggal dalam Pilkada 2018 Diprediksi Meningkat 90 persen calon tunggal dalam Pilkada sebelumnya, berkorelasi dengan petahana. Survei SMRC: Makin Banyak Responden Ingin Duet Jokowi-Prabowo Berdasarkan survei SMRC, 66,9% responden setuju dengan opsi pasangan Jokowi-Prabowo. Survei: Agen Keuangan Digital Kurang Aktif Tawarkan Buka Rekening Bank Agen jasa keuangan digital paling banyak melakukan transaksi pengiriman uang di konter perbankan.

Berita Terpopuler

Nasional Jokowi Ajak Cak Imin Resmikan Kereta Bandara, Ada Apa? Biasanya, kalaupun ada politisi, hanya Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri lah yang mendampingi ... Digital Ekspansi Bisnis Go-Jek, dari Ojek ke Fintech Go-jek terus berekspansi, mulai dari jasa penyedia transportasi online hingga ke keuangan digital. Infrastruktur Tutup Pintu Korsel, Luhut Pastikan Jepang Garap Kereta Cepat Surabaya "Masih Jepang saat ini, (Korsel) belum kami lihat," kata Luhut Energi Akhir Sejarah Total E&P di Blok Mahakam Setelah 50 tahun dikelola Total E&P, Blok Mahakam diambilalih oleh Pertamina mulai 1 Januari 2018.

Opini

A. Rinto Pudyantoro Rinto

Nasib Investasi Hulu Migas Pasca Terbitnya Aturan Pajak Gross Split

Prahoro Nurtjahyo Prahoro

Menjawab Keraguan Terhadap Gross Split

Fahmy Radhi Fahmy Radhi

Menggugat Survei Fraser Berdasarkan Manfaat Gross Split

Madjedi Hasan Madjedi Hasan

Potensi Masalah Skema Kontrak Bagi Hasil Gross Split

Kishore Mahbubani Kishore

Sistem Pendidikan Perlu Adaptasi dengan Disrupsi Teknologi

Baca ju ga Gubernur Jawa Barat Nasional Jajaki Koalisi dengan PDIP, Golkar Potensi Batal Usung Deddy Mizwar Yenny Wahid Nasional Prabowo Pertimbangkan Usung Yenny Wahid di Pilgub Jatim Sri Mulyani Makro Sri Mulyani Puas, Penerimaan Pajak 2017 Nyaris 90% dari Target Amb   il Alih Lapangan Migas Blok Mahakam Energi Pertamina Masih Buka Peluang Total & Inpex Kelola Blok Mahakam Infomark Membangun Indonesia Sentris Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru PROPER: Pertamina Berkomitmen Terhadap Keberlanj   utan Lingkungan Hidup Infomark Komitmen Pertamina Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasional Infomark Mendukung Pembangunan Sektor Strategis Nasional Sumber: Google News Parpol

Reponsive Ads